Atasi rambut rontok, rusak, dengan dicuci menggunakan kondisioner saja tanpa shampo

March 21, 2015 Amy 3 Comments

Hah... mencuci rambut dengan kondisioner? Emang bisa?

Baru tau ya, kalo sekarang ini lagi populer mencuci rambut menggunakan kondisioner. Metodenya namanya Conditioner Only. Coba deh tanya mbah Gugel soal mencuci rambut dengan metode conditioner only no shampoo



Syarat untuk Conditioner Only

1. Untuk rambut kering-normal bukan normal-berminyak
2. Menggunakan kondisioner tanpa silikon (di ingridients tidak ada dimethicone)
3. Bila airnya terlalu banyak mineralnya disaring dengan saringan air yang terdapat karbon aktif

Selama ini kita berpendapat bahwa membersihkan rambut adalah dengan shampo wangi dan banyak busanya. Tapi bila sudah bermasalah, seperti rambut rontok atau kusam, barulah mencoba mengobati tanpa menyadari bahwa shampo yang baik tidak menggunakan deterjen seperti sodium laureth sulfate, sodium lauryl sulfate. Shampo extra mild itu masih mengandung deterjen tapi kandungannya sedikit, seperti halnya shampo bayi.

Bila rambut dicuci dengan detergen, memang bersih, tapi kulit kepala dihilangkan minyak alami, sehingga memproduksi lebih banyak minyak. Di komunitas no poo (tanpa shampoo), disarankan untuk merentang saat mencuci rambut, atau gunakan bahan alami untuk kesehatan scalp (kulit kepala)

Alternatif shampo alami untuk mencuci rambut

1. Lerak
2. Merang
3. Lidah buaya
4. Kuning telur

Sebetulnya ada yang lainnya seperti baking soda, sabun kastil, atau tanah liat, tapi sepertinya tidak biasa digunakan di Indonesia.

Dari resep metode CO dari blog berbahasa Inggris, petunjuknya menggunakan kondisioner tanpa silikon dalam jumlah cukup banyak untuk melapisi rambut. Aku melakukan modifikasi menambahkan lidah buaya dan santan. Karena lidah buaya mengandung enzim yang menyuburkan rambut sedangkan santan melembutkan rambut. Supaya praktis, aku memblender dan menyaring lidah buaya lalu dibekukan, demikian juga santan kental aku bekukan.

Untuk hasil lebih baik gunakan sisir tanduk yang ditetesi VCO untuk menyisir rambut



Dapatkan shampo extra mild mengandung VCO dan kondisioner tanpa silikon produksi Virgin Natural Cosmetics di www.vcoforhealthyskin.wordpress.com

3 comments:

  1. Saya masih ingat dulu saat kecil pernah menggunakan lerak :)

    ReplyDelete
  2. hayuk cari tau juga bagaimana cara menghilangkan bulu yang tidak di inginkan :)

    ReplyDelete
  3. hayuk sebelum salah pilih gaya rambut dan bikin nyesel mending cari referensinya dulu :)

    ReplyDelete